Car Condition

Model Year

Maker

Body type

Price range

  1. Pemerintah Kecamatan Kuantan Tengah bersama tokoh masyarakat, alim ulama dan tokoh adat, Senin (17/5) menggelar rapat pembahasan sejarah Kota Teluk Kuantan.
‘’Kita bahas sejarah pembahasan berdirinya Kota Teluk Kuantan,’’ kata Camat Kuantan Tengah Agusmandar SSos MSi menjawab Riau Pos kemarin di Kantor Camat Kuantan Tengah.
Agusmandar menyebutkan, ironis rasanya kalau Teluk Kuantan yang menjadi Ibu Kota Kabupaten Kuansing, tidak tau bagaimana sejarahnya. Baik sejarah berdirinya Kota Teluk Kuantan, nama dan materi lainnya. Di wilayah Kuantan Tengah ini, dulunya berdiri sebuah kerajaan, yakni Sin Tuo yang kini menjadi Desa Seberang Taluk.
Dikatakannya, pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh adat Kecamatan Kuantan Tengah yang hadir saat ini, sebagai langkah awal untuk menyeminarkan persoalan ini. ‘’Tapi kita belum tetapkan tanggal dan waktu pelaksanaan seminar atau lokakarya,’’ ujar Agusmandar.
Hasil seminar atau lokakarya ini, lanjut Agusmandar, hasilnya akan dibukukan. Sehingga akan menjadi bahan publikasi pada cucu kemenakan. Apabila sudah diketahui kapan berdirinya Kota Teluk Kuantan, akan menjadi momen pariwisata di Kota Teluk Kuantan termasuk pelaksanaan iven Pacu Jalur.
Dulu, kata Agusmandar, sebelum namanya menjadi Teluk Kuantan bernama Teluk Juar Pinang Bercabang yang berpusat di Koto Taluk. Nama Teluk Kuantan sudah ada saat perayaan Ratu Belanda Welmena 1903. ‘’Tapi kapan diberi nama Teluk Kuantan ini kita belum tahu,’’ ujarnya.
Terkait dengan itu, tokoh masyarakat Kuansing H Taib Usman mengatakan, pencarian sejarah Kota Teluk Kuantan dinilai baik. Namun pencariannya harus dirunut dari orang yang paling tahu dengan sejarah berdirinya Teluk Kuantan hingga cerita sejarah Teluk Kuantan yang terbaru.(dac).Source:Riaupos.com

Leave a Reply

    Pengikut

    Share it